@jepang ⇐ LINE ID

Selamat datang dalam bahasa Jepang

WRITER
 
Selamat datang dalam bahasa Jepang
この記事を書いている人 - WRITER -
詳しいプロフィールはこちら

Selamat datang dalam bahasa Jepang adalah いらっしゃいませ (irasshaimase), いらっしゃい (irasshai), ようこそ (youkoso), おかえり (okaeri), atau おかえりなさい (okaerinasai).

JIN

  • いらっしゃいませ (irasshaimase)
  • いらっしゃい (irasshai)
  • ようこそ (youkoso)
  • おかえり (okaeri)
  • おかえりなさい (okaerinasai)

 

Karena kata “selamat datang” dalam bahasa Jepang berubah sesuai dengan situasinya, maka perlu berhati-hati.

JIN

Di dalam artikel ini, saya akan menjelaskan kata “selamat datang” dalam bahasa Jepang yang mudah dimengerti.

JIN

いらっしゃいませ (Irasshaimase)【selamat datang bahasa jepang】

 

Kata いらっしゃいませ (irasshaimase) itu sambutan “selamat datang” bahasa Jepang yang biasanya diucapin sama staf toko, lho!

JIN

Misalnya, kata itu dipake buat tamu waktu masuk ke minimarket atau restoran 💡

JIN

Bener juga, aku pernah disambut kaya gitu waktu masuk ke restoran Jepang!

Shiba Inu

 

 

Contoh kalimat:【selamat datang bahasa jepang】

🇯🇵 いらっしゃいませ、何名様ですか?
(Irasshaimase, nanmeisama desuka?)
🇮🇩 Selamat datang, ada berapa banyak orang?

Contoh kalimat

🇯🇵 いらっしゃいませ、お煙草をお吸いになりますか?
(Irasshaimase, otabako wa o sui ni narimasuka?)
🇮🇩 Selamat datang, apakah Anda merokok?

Contoh kalimat

 

🇯🇵 いらっしゃいませ。どうぞゆっくりお過ごしください。
(Irasshaimase. Douzo yukkuri osugoshi kudasai)
🇮🇩 Selamat datang. Silahkan menikmati waktu Anda.*

Contoh kalimat

*Dalam contoh kalimat ini, adalah menyambut sekaligus ungkapan perasaan dari staf toko kepada si tamu agar merasa nyaman.

 

 

いらっしゃいませ (Irasshai)【selamat datang bahasa jepang】

 

いらっしゃい (Irrasshai) itu versi santainya dari kata いらっしゃいませ (irasshaimase).

JIN

Biasanya, staf toko ngga bakal pake kata ini buat tamu yang baru pertama kali dateng ke toko mereka.

JIN

Kalo tiba-tiba bilang いらっしゃい (irasshai) ke orang yang baru pertama ketemu, itu kesannya jadi kayak ngga sopan gitu, ya?

Shiba Inu

Hmmm, tergantung orang, sih, tapi kemungkinannya tinggi! Jadi, kalo kebetulan lagi kerja di restoran Jepang, hal ini perlu diperhatiin, ya!

JIN

Kalo gitu, kapan waktu pasnya buat make kata いらっしゃい (irasshai) ini?

Shiba Inu

Misalnya, kayak waktu ada temen atau orang yang kita kenal masuk ke restoran tempat kita kerja 💡

JIN

Terus, ngga cuma di restoran atau toko aja, tapi bisa juga kalo misalnya temen kita dateng ke rumah kita, kita bisa pake kata いらっしゃい (irasshai) ini buat nyambut mereka!

JIN

 

Contoh kalimat:【selamat datang bahasa jepang】

🇯🇵 いらっしゃい!いつも来てくれてありがとね〜
(Irasshai! Itsumo kite kurete arigato ne~)
🇮🇩 Selamat datang! Makasih, ya, udah selalu mampir ke sini~

Contoh kalimat

 

🇯🇵 いらっしゃい!遠いところからわざわざ来てくれてありがとね!
(Irasshai! Tooi tokoro kara wazawaza kite kurete arigato ne!)
🇮🇩 Selamat datang! Makasih, ya, udah repot-repot dari tempat yang jauh buat dateng kesini!

Contoh kalimat

🇯🇵 いらっしゃい、ゆっくりしていってね!
(Irasshai, yukkuri shite ittene!)
🇮🇩 Selamat datang, silahkan nikmati waktumu, ya!*

Contoh kalimat

*Dalam contoh kalimat ini, adalah menyambut sekaligus ungkapan perasaan dari staf toko atau pemilik rumah kepada si tamu agar merasa nyaman.

 

ようこそ (youkoso)【selamat datang bahasa jepang】

ようこそ (youkoso) itu ungkapan selamat datang dalam bahasa Jepang yang sering banget dipake di banyak situasi.

JIN

Ada juga, sih, yang make kata ini di toko-toko, tapi biasanya lebih banyak kalo lokasi atau tempatnya selain dari itu! Misalnya kayak di bandara, perkumpulan atau komunitas, grup tur perjalanan, dan sebagainya.

JIN

Oh, lebih sering dipake buat menyambut tamu yang tempatnya bukan kayak di toko-toko, gitu, ya?

Shiba Inu

Yap, betul! 💡

JIN

 

 

Contoh kalimat:【selamat datang bahasa jepang】

🇯🇵 ようこそ!お待ちしてました!
(Youkoso! Omachi shitemashita!)
🇮🇩 Selamat datang! Saya telah menantikan Anda!

Contoh kalimat

🇯🇵 ようこそ、私達のコミュニティへ!あなたを歓迎します!
(Youkoso, watashitachi no komyuniti e! Anata wo kangei shimasu!)
🇮🇩 Selamat datang di komunitas kami! Kami menyambut Anda!

Contoh kalimat

🇯🇵 日本へようこそ!ぜひ楽しんでいってください!
(Nihon e youkoso! Zehi tanoshinde itte kudasai!)
🇮🇩 Selamat datang di Jepang! Silahkan menikmati waktu Anda!

Contoh kalimat

 

 

おかえり(Okaeri) dan おかえりなさい (Okaerinasai)【selamat datang bahasa jepang】

 

Kata おかえり (okaeri) sama おかえりなさい (okaerinasai) itu dipake waktu kita menyambut keluarga, kerabat, atau pasangan kita yang baru pulang ke rumah.

JIN

Artinya beda banget sama ungkapan selamat datang dalam bahasa Jepang yang lainnya, ya!

Shiba Inu

 

Contoh kalimat:【selamat datang bahasa jepang】

🇯🇵 ただいま、今日はめっちゃ仕事頑張ったわ〜
(Tadaima, kyou meccha shigoto ganbatta wa~)
🇮🇩 Aku pulang〜, hari ini aku kerja keras banget~

Contoh kalimat

🇯🇵 おかえり、今日もお疲れ様!
B: (Okaeri, kyou mo otsukaresama!)
🇮🇩 Selamat datang kembali〜, terima kasih buat kerja kerasmu hari ini!

Contoh kalimat

 

 

 

この記事を書いている人 - WRITER -
詳しいプロフィールはこちら

- Comments -

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright© Kamus Bahasa Jepang【untuk Belajar Bahasa Jepang】 , 2022 All Rights Reserved.