@jepang ⇐ LINE ID

Kosakata dalam Bahasa Jepang【untuk Belajar Bahasa Jepang】

Teman dalam bahasa Jepang

WRITER
 
teman dalam bahasa jepang
この記事を書いている人 - WRITER -
詳しいプロフィールはこちら

Teman dalam bahasa Jepang adalah 友達 (tomodachi) atau 友人 (yuujin).

 

 

Apa perbedaan antara 友達 (tomodachi) dan 友人 (yuujin)?

Aku pernah denger bahasa Jepang 友達 (tomodachi), tapi kalo 友人 (yuujin) baru pertama kali tau, nih!

Shiba Inu

Artinya sama? Bedanya apa?

Shiba Inu

友達 (tomodachi) sama 友人 (yuujin) itu artinya sama, lho!

JIN

Karena 友人 (yuujin) itu bahasa Jepang yang kesannya sopan, jadi kata itu dipake di situasi yang formal!

JIN

 

Oh, oke paham!

Shiba Inu

Contoh kalimat:

昨日は友達と原宿に行って、服をいっぱい買ったよ
Kinou wa tomodachi to Harajuku ni itte, fuku wo ippai katta yo
Kemarin aku pergi ke Harajuku sama temanku dan kami belanja banyak baju, lho

 

昨日は友人と原宿に行き、服をたくさん買いました
Kinou wa yuujin to Harajuku ni iki, fuku wo takusan kaimashita
Kemarin, saya pergi ke Harajuku bersama teman, dan kami berbelanja banyak pakaian

 

Terkadang, kata 友達 (tomodachi) disingkat menjadi 友 (tomo) atau ダチ (dachi)

友達 (tomodachi) itu juga kadang-kadang bisa disingkat jadi 友 (tomo) atau ダチ (dachi), lho!

JIN

Oh ya?!

Shiba Inu

Yang mana yang sering dipake?

Shiba Inu

Lebih seringnya, sih, 友 (tomo)! Kata 友 (tomo) ini lebih sering dipake di kata-kata istilah daripada di percakapan sehari-hari gitu.

JIN

“Kata-kata istilah”??

Shiba Inu

Misalnya kayak 犬は人類の友 (inu wa jinrui no tomo) atau 心の友 (kokoro no tomo). Pasti pernah denger, kan?

JIN

Oalaaah gituu, paham paham. Iya, aku pernah denger “kokoro no tomo!

Shiba Inu

Kalo ダチ (dachi) sendiri kapan dipakenya?

Shiba Inu

Waktu zaman SMP, kira-kira anak-anak cowok itu sering bilang ダチ (dachi) buat nyebut temennya 💡

JIN

Sebenernya, di percakapan sehari-hari tuh ダチ (dachi) sendiri jarang dipake, walaupun emang banyak banget kita denger di anime.

JIN

 

Kalo cewek gimana, boleh pake kata ダチ (dachi) ini, ngga??

Shiba Inu

Bukannya ngga boleh, sih, tapi karena biasanya cewek itu ngga pake kata ini, jadi ngga direkomendasiin, ya!

JIN

Kata ダチ (dachi) ini kesannya kayak kata bahasa Jepang yang dipake sama cewek yang “kurang” baik.

JIN

Contoh kalimat:

俺たちダチだろ?困ったことがあれば相談しろよ
Oretachi dachi daro? Komatta koto ga areba soudan shiro yo
Kita temen, kan? Kalo ada hal yang bingung kasih tau, dong

 

ダチを裏切ることはできねーよ
Dachi wo uragiru koto wa dekinee yo
Temen tuh ga boleh berkhianat, lho

 

Ooh, paham! Aku bisa bayanginnya!

Shiba Inu

Syukurlah, kamu ngga perlu maksain buat bisa make kata-kata singkatan ini, kok. Kalo mau pake kata 友達 (tomodachi) aja ngga ada masalah!

JIN

Siap! Makasih, ya, udah kasih tau banyak hal tentang teman dalam bahasa Jepang.

Shiba Inu

この記事を書いている人 - WRITER -
詳しいプロフィールはこちら

- Comments -

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright© Kamus Bahasa Jepang【untuk Belajar Bahasa Jepang】 , 2022 All Rights Reserved.