@jepang ⇐ LINE ID

Selamat Pagi dalam Bahasa Jepang【Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengucapkannya kepada Orang Jepang】

WRITER
 
この記事を書いている人 - WRITER -
詳しいプロフィールはこちら

Apa bahasa Jepangnya selamat pagi??

Shiba Inu

Selamat pagi dalam bahasa Jepang adalah おはよう (ohayou) atau おはようございます (ohayou gozaimasu).

JIN

Bahasa IndonesiaBahasa JepangCara Baca
(selamat) pagiおはようohayou
selamat pagiおはようございますohayou gozaimasu
selamat siangこんにちはkonnichiwa
selamat soreこんにちはkonnichiwa
selamat malamこんばんはkonbanwa
selamat tidurおやすみなさいoyasuminasai

 

Biasanya, bagaimana caranya kalian mengucapkan “selamat pagi” di dalam bahasa Jepang?

JIN

Apakah kalian tahu, kalau kita tidak bisa sembarangan mengucapkan “selamat pagi” kepada orang Jepang?  🤔

JIN

Nah, pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan tentang “selamat pagi” dan hal yang harus diperhatikan saat mengucapkan “selamat pagi” kepada orang Jepang. 😉

JIN

 

 

Mengucapkan “Selamat Pagi” untuk Teman atau Pacar dalam Bahasa Jepang

selamat pagi

 

Saat mengucapkan  selamat pagi kepada teman atau pacar, kita dapat menyampaikannya secara bebas atau informal.

JIN

Maksudnya, kita tidak perlu mengkhawatirkan tentang pola kalimat tertentu yang harus kita gunakan untuk sekedar mengucapkan kalimat “selamat pagi” ini. Di bawah ini adalah contoh bentuk informal dari “selamat pagi”.

JIN

【Contoh】

Bahasa IndonesiaBahasa Jepang
(Cara Baca)
(Selamat) Pagiおはよう
(ohayou)
(Selamat) Pagiおはよ
(ohayo)
(Selamat) Pagiiおはよー
(ohayoo)

 

 

 

Mengucapkan “Selamat Pagi” untuk Orang yang Lebih Tua dalam Bahasa Jepang

kopi

 

 

Saat mengucapkan selamat pagi kepada orang yang lebih tua, senior, atau atasan, kita bisa menggunakan bentuk formal dari kata “ohayou” di atas.

JIN

Cukup dengan menambahkan kata~gozaimasu di akhir kata “ohayou”.

JIN

【Contoh】

  • 先生、おはようございます! (sensei, ohayou gozaimasu!) = Selamat pagi, Pak/Bu.

 

 

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengucapkan “Selamat Pagi” kepada Orang Jepang

orang jepang

Bedanya antara selamat pagi, selamat siang, dan selamat malam dalam bahasa Jepang itu ada di cara pakenya. Kita perlu mengganti “ohayou” ke bahasa yang lebih sopan sewaktu bicara dengan lawan bicara.

JIN

Kalau engga, ada kemungkinan bakal ngga disukain, lho. Jadi, tolong hati-hati!

JIN

Eh, maaf aku kurang paham. Bisa kasih contohnya, ngga?

Shiba Inu

Misalnya, waktu kita kebetulan ketemu sama guru di siang atau malam hari, kita bisa menyapanya cukup dengan “konbanwa” atau “konnichiwa” aja, kan? Bukannya “konbanwa gozaimasu” atau “konnichiwa gozaimasu”, karena kedua kata ini ngga ada di kamus bahasa Jepang 😀

JIN

Bahasa IndonesiaBahasa JepangCara Baca
(selamat) pagiおはようohayou
selamat pagiおはようございますohayou gozaimasu
selamat siangこんにちはkonnichiwa
selamat soreこんにちはkonnichiwa
selamat malamこんばんはkonbanwa
selamat tidurおやすみなさいoyasuminasai

Sehingga, “konnichiwa” dan “konbanwa” keduanya dapat digunakan di situasi formal maupun informal.

JIN

Oh, iya!

Shiba Inu

Nah, kalo menyapa ke guru di pagi hari, justru kita harus nambahin kata ~gozaimasu. Jadinya, “ohayou gozaimasu”.

JIN

Karena, penggunaan kata “ohayou” itu pada dasarnya cuma bisa dipake di situasi yang santai atau informal. 😉

JIN

Oh, gitu… baik, sekarang aku paham!

Shiba Inu

Berarti, cuma “ohayou” aja yang punya kata sopan di dalam bahasa Jepang, tapi kalo “konnichiwa” atau “konbanwa” itu ngga punya, ya?

Shiba Inu

Iya, bener banget!💯.

JIN

Gara-gara cuma bilang “ohayou” ke orang yang lebih tua, kita bisa dianggap ngga sopan dan bahkan, image kita bisa menjadi buruk, lho!

JIN

Jadi, sebaiknya pake kata “ohayou gozaimasu”, ya!

JIN

 

Tentang Kata “Gozaimasu” pada Kalimat Bahasa Jepang “Ohayou Gozaimasu”

Bahasa IndonesiaBahasa JepangCara Baca
(selamat) pagiおはようohayou
selamat pagiおはようございますohayou gozaimasu
selamat siangこんにちはkonnichiwa
selamat soreこんにちはkonnichiwa
selamat malamこんばんはkonbanwa
selamat tidurおやすみなさいoyasuminasai
makasihありがとうarigatou
terima kasihありがとうございますarigatou gozaimasu

Sebenarnya, kata “gozaimasu” itu jarang banget dipake di percakapan sehari-hari, lho.

JIN

Karena “gozaimasu” termasuk kata ekspresi yang sopan banget.

JIN

Berarti “ohayou gozaimasu” itu pengecualian?

Shiba Inu

Iya! Cuma “ohayou gozaimasu” sama “arigatou gozaimasu” aja yang jadi pengecualian!

JIN

“Arigatou gozaimasu” itu bentuk sopan dari “arigatou”, ya?

Shiba Inu

Bener!

JIN

 

 Selamat Pagi dalam Bahasa Jepang Hampir Tidak Menggunakan Kanji

smartphone

Huruf kanjinya “ohayou” itu「御早う」, kan?

Shiba Inu

Iya, bener sih. Tapi, biasanya orang Jepang ngga nulis “ohayou” pake kanji, lho. Justru mereka cukup nulis pake hiragana aja.

JIN

Kalo ngirim chat “ohayou” pake kanji 「御早う」di LINE atau WhatsApp ke temen Jepang, itu kesannya kayak ngga native. Lebih natural kalo nulisnya pake huruf hiragana aja. 😉

JIN

Oh ternyata gitu… 😮

Shiba Inu

Sampai sekarang aku selalu ngirim pake kanji, tapi ternyata emang ngga perlu, ya!

Shiba Inu

Penutup

pagi

Orang Jepang menghargai salam di pagi hari. Gunakan akhiran “gozaimasu” untuk mengucapkan selamat pagi kepada senior.

JIN

Mari kita membiasakan mengucapkan selamat pagi menggunakan bahasa Jepang yang tepat 😉

JIN

 

 

 

 

この記事を書いている人 - WRITER -
詳しいプロフィールはこちら

- Comments -

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright© Kamus Bahasa Jepang【untuk Belajar Bahasa Jepang】 , 2022 All Rights Reserved.