@jepang ⇐ LINE ID

Selamat Malam dalam Bahasa Jepang【Bagaimana Cara Mengucapkan Selamat Malam Seperti Orang Jepang?】

WRITER
 
Selamat Malam
この記事を書いている人 - WRITER -
詳しいプロフィールはこちら

Apa bahasa Jepangnya selamat malam??

Shiba Inu

Selamat malam dalam bahasa Jepang adalah “こんばんは (konbanwa)”.

JIN

Bahasa IndonesiaBahasa JepangCara Baca
(selamat) pagiおはようohayou
selamat pagiおはようございますohayou gozaimasu
selamat siangこんにちはkonnichiwa
selamat soreこんにちはkonnichiwa
selamat malamこんばんはkonbanwa
selamat tidurおやすみなさいoyasuminasai

Bagaimana cara mengucapkan selamat malam seperti orang Jepang ??

JIN

 

Kali ini, saya akan menjelaskan tentang kata “selamat malam” dalam bahasa Jepang.

JIN

Selamat malam dalam bahasa Jepang

selamat malam

 

Orang Jepang pada dasarnya tidak memakai kata “selamat malam” untuk teman, pacar dan keluarga.

JIN

 

Sebenarnya, tidak ada salam malam dalam bahasa Jepang untuk  teman, pacar dan keluarga.

JIN

 

Saya akan menjelaskan dengan cara yang mudah dimengerti.

JIN

Selamat malam dalam bahasa Jepang【Percakapan 】

Selamat malam dalam bahasa Jepang

 

 

Situasi:  Di jalan (percakapan dengan orang yang baru kenal saat malam hari )

🇯🇵 あっ、ようこさん、こんばんは☺
(a, youko san, konbanwa)
🇮🇩 Oh!  Ibu Youko selamat malam☺

JIN

🇯🇵 あっ、Jinさん!こんばんは☺
(a, jin san! konbanwa)
🇮🇩 Oh! Pak Jin ! selamat malam☺

🇯🇵 偶然ですね♪
(guuzen desu ne)
🇮🇩 Kebetulan ya.

JIN

🇯🇵 これからどちらへ行かれるのですか?
(korekara dochira e ikareru no desuka?)
🇮🇩 Mau menuju kemana?

JIN

🇯🇵 これから友達の家に遊びにいきます。
(korekara tomodachi no ie ni asobi ni ikimasu)
🇮🇩 Saya mau menuju ke rumah teman.

 

Situasi:  Di jalan (percakapan dengan teman saat malam hari )

🇯🇵 田中!
(tanaka!)
🇮🇩 Tanaka!

JIN

🇯🇵 おお、Jin!
(oo, jin!)
🇮🇩 Ooh, Jin!

🇯🇵 どこにいくの?
(doko ni iku no?)
🇮🇩 Mau kemana?

🇯🇵 これからゆうまの家に遊びにいくところ
(korekara yuuma no ie ni asobi ni iku tokoro)
🇮🇩 Mau ke rumah Yuuma

JIN

🇯🇵 まじ?いいなー
(maji? iinaa)
🇮🇩 Oh ya? asik ya

🇯🇵 田中も来る?
(tanaka mo kuru?)
🇮🇩 Tanaka mau ikut?

JIN

🇯🇵 行きたい!
(ikitai!)
🇮🇩 Mau!

*Untuk teman dekat tidak menggunakan kata “konbanwa”.

 

Situasi:  Di jalan (percakapan dengan atasan saat malam hari )

🇯🇵 Jin!何してるの?
(jin! nani shiteru no?)
🇮🇩 Jin! lagi apa?

🇯🇵 佐藤さん!こんばんは。
(satou san! konbanwa)
🇮🇩 Pak Satou! Selamat malam.

JIN

🇯🇵 友達の家にいく途中です。
(tomodachi no ie ni iku tochuu desu)
🇮🇩 Lagi mau pergi ke rumah teman.

JIN

🇯🇵 そうなんだ!
(sounanda!)
🇮🇩 Gitu ya!

🇯🇵 気をつけてな!
(ki wo tsukete na!)
🇮🇩 Hati-hati ya!

 

🇯🇵 ありがとうございます!
(arigatou gozaimasu!)
🇮🇩 Terima kasih banyak!

JIN

*Untuk atasan menggunakan kata “konbanwa”.
Tetapi, untuk bawahan kebanyakan tidak menggunakan kata “konbanwa”.

 

Kata sapaan “konbanwa” mulai dari jam berapa idealnya diucapkan?

Selamat malam dalam bahasa Jepang

 

 

Kata sapaan “konbanwa” tuh, detailnya dari jam berapa?

Shiba Inu

Itu sama kayak di bahasa Indonesia, jadi ngga ada keputusan tentang detail jamnya!

JIN

Hmm… mungkin kira-kira mulai dipake setelah jam 6 sore, ya.

JIN

Oh gitu… padahal kalo jamnya bisa ditentuin kayaknya lebih gampang…

Shiba Inu

Sekalian ada pertanyaan, kalo waktu sore sekitar jam 4 atau 5 sore gitu ngga boleh bilang “konbanwa”?

Shiba Inu

Bukannya ngga boleh, tapi kalo matahari belum terbenam kata itu kesannya kurang bisa dipake.

JIN

Karena itu, kalo misalnya di sekitar masih cerah, idealnya, sih, ngga ngucapin “konbanwa”.

JIN

Oh…

Shiba Inu

Kalo salah waktu ngucapin “konbanwa”, mungkin suasananya jadi aneh, ya?

Shiba Inu

 Tenang aja, karena misalnya waktunya salahpun, suasananya ngga akan jadi aneh, kok. ^^

JIN

Beneran? Setiap kali ngucapin salam “konbawa” di bahasa Jepang, aku selalu jadi agak khawatir, “kira-kira salah ngga, ya” gitu.

Shiba Inu

Bener, waktu ngucapin salam ngga perlu terlalu khawatir, ya.

JIN

Kapanpun kalo matahari udah terbenam dan jadi gelap, baru bisa dipake!

JIN

Oh, paham! Berkat itu aku jadi paham! Terima kasih!

Shiba Inu

 

Yang mana cara menulis “konbanwa” yang benar? 「こんばんわ」”konbanwa” atau 「こんばんは」”konbanha”?

Selamat malam dalam bahasa Jepang

 

Mana yang bener? 「こんばんわ」”konbanwa” atau 「こんばんは」”konbanha”?

Shiba Inu

Yang bener 「こんばんは」”konbanha”!

JIN

Dulu emang ditulis pake 「こんばんわ」”konbanwa”, tapi pada 1 Juli tahun Showa ke-61 (1986 Masehi), pemerintah Jepang telah meresmikan 「こんばんは」”konbanha”.

JIN

Sejak itu, sudah menjadi aturan untuk menulisnya sebagai 「こんばんは」”konbanha”!

JIN

Oh gitu, ya!

Shiba Inu

Walaupun gitu, karena ini berubah di pertengah zaman, jadi banyak orang Jepang yang masih pake kata 「こんばんわ」”konbanwa” juga, sih.

JIN

Tapi ini bukan artinya pasti ngga boleh pake 「こんばんわ」”konbanwa”.

JIN

Oh… 「こんばんわ」”konbanwa” juga bisa dipake, ya…

Shiba Inu

Kalo gitu, baik 「こんばんわ」”konbanwa” atau 「こんばんは」”konbanha”, keduanya ngga ada masalah, kan?

Shiba Inu

Kalo ditanya yang mana yang bener, mungkin dua-duanya bener.

JIN

Tergantung orang, tapi karena kadang-kadang ada kesan yang ngga natural dari penulisan kata 「こんばんわ」”konbanwa” di bahasa Jepang, jadi lebih baik ditulis pake 「こんばんは」”konbanha” aja, ya!

JIN

Kalo gitu ga perlu diragukan lagi, aku bakal nulis pake kata 「こんばんは」”konbanha”!

Shiba Inu

Terima kasih buat infonya!

Shiba Inu

 

 

Penutup

Selamat Malam

 

Kali ini, saya menjelaskan tentang kata “selamat malam” dalam bahasa Jepang.

JIN

 

Orang Jepang kadang-kadang mengucapkan “konnichiwa” waktu bertemu pada malam hari .

JIN

Tetapi waktu bertemu pada siang hari, tidak mengucapkan “konbanwa” .

JIN

 

この記事を書いている人 - WRITER -
詳しいプロフィールはこちら

- Comments -

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright© Kamus Bahasa Jepang【untuk Belajar Bahasa Jepang】 , 2022 All Rights Reserved.